Kawah Putih - Ciwidey - Bandung


Wisata Kawah Putih yang berlokasi di daerah Ciwidey Kabupaten Bandung atau secara geografis terletak di selatan kota Bandung.  Bila bicara mengenai lokasi wisata ini maka akan identik dengan sebuah telaga yang cantik nan penuh nilai eksotik. Sebab hamparan sebuah telaga di atas ketinggian gunung lebih dari 2.010 mdpl ini yang mempunyai pasir berwarna putih.

Dataran tanahnya yang bercampur dengan batu kapur belerang dan dihiasi dengan air di tengah telaga. Sehingga tampaknya berwarna putih dan kehijauan. Ini terjadi karena faktor alam yaitu dari pantulan cahaya yang menyinari alam sekitar. Serta dihiasi dengan bermacam-macam pepohonan dan didominasi oleh tumbuhan bakau.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey


Sejarah singkat tentang Objek Wisata Kawah Putih, adalah sebuah danau alami yang terbentuk karena letusan Gunung Patuha pada sekitar abad ke 10. Adapun gunung tersebut masih berstatus aktif hingga sekarang ini

Sehingga dari sebuah reaksi alam tersebut terciptalah fenomena yang kita kenal hingga saat ini dengan sebuah nama Kawah Putih. Adapun karena sebuah letuas gunung tersebut, maka bermunculan isu di masyarakat bahwa lokasi ini menjadi daerah yang angker.

Karena dimana hanya berdasarkan informasi yang keliru itu bahwa setiap burung yang melintasi di atas daerah tersebut selalu mati. Sehingga tidak ada seorang pendudukpun yang berani mendekati kawasan Kawah Putih Cieidey.

Inspeksi penelitian Ciwidey

Pada tahun 1837 serang peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn merasa terheran. Hingga akhirnya memutuskan mendatangi area Kawah Putih dengan berdasarkan ilmu penegetahuan.

Setelah Dr. Franz Wilhelm Junghuhn mencapai puncak Gunung Patuha tersebut. Maka tampak terlihat lah sebuah danau dengan warna air yang kehijau-hijauan dan warna putih. Juga pada bagian tebing-tebing bebatuan disekitarnya terdapat aroma belerang yang begitu menyengat.

Maka semenjak saat itu keberadaan Kawah Putih mulia terkenal dan pada tahun 1897. Sehingga pemerintah mulai mengembangkan menjadi obyek pariwisata.

Hingga pada akhirnya menjadi sebuah magnet besar bagi pelaku kepentingan dibidang pariwisata. Maka sampai sekarang menjadi sebuah nama lokasi Wisata Kawah Putih menjadi primadona Kabupaten Bandung umumnya dan masyarakat Ciwidey pada Khususnya.
http://transportasiwisata.blogspot.co.id/http://transportasiwisata.blogspot.co.id/

http://transportasiwisata.blogspot.co.id/

Akses dan Lokasi Kawah Putih Ciwidey

Kota Bandung kini memiliki Tol Cipularang yang bisa di akses dari Arah Jakarta. Maka bagi Anda yang memakai kendaraan mobil pribadi atau aramda transporasi Transportasi Wisata. Terutama yang menggunakan atau Sewa Bus Pariwisata.

Maka anda bisa memilih kearah Pintu Tol Kopo. Setelah itu dilanjut menuju Soreang dan dilanjutkan menuju Ciwidey hingga Kawah Puith. Atau juga bisa memilih jalur alternatif  melalui gerbang Tol Buah Batu dan lanjut menuju Soreang serta menuju Ciwidey lalu hingga Kawah Putih. 

Maka dari gerbang tol tersebut Anda bisa menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 1.30 hingga 2 jam atau sekitar 40Km. Maka Anda akan membaur dengan sedikit aktifitas masyarakat di sepanjang tersebut.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, maka bisa menempuh rute melalui angkutan dari terminal Lewui Panjanag jurusan Ciwidey. Serta melanjutkan menuju Kawasan Wisata Kawah Putih.

Menikmati TOL Cipularang

Bagi anda yang berangkat dari arah Jakarta dengan menggunakan menyewa bus Pariwisata. Maka akses tol Cipularang merupakan jalur utama hingga yang bisa anda tempuh sampai kabupaten Bandung menuju Ciwidey.

Sepanjang perjalanan Anda baru bisa merasakan suasana pegunungan setelah melewati daerah Soreang. Serta akan disuguhi pemandangan hamparan pegunungan yang di hiasi dengan perkebunan teh milik Perhutani yang sangat indah.

Akses menuju Objek Wisata Kawah Putih ini juga sudah terbilang sangat terawat. Karna memang sangat di perhatikan dalam hal infrastruktur sarana dan prasarananya. Mulai dari jalan yang walau berliku-liku namun tetap beraspal dan sudah banyak tempat-tempat sebagai sarana fasilitas umum seperti penginapan dan rumah makan.

http://transportasiwisata.blogspot.co.id/http://transportasiwisata.blogspot.co.id/






http://transportasiwisata.blogspot.co.id/http://transportasiwisata.blogspot.co.id/





Ada tidak hanya disuguhi Wisata Kawah Putih saja bila anda berkunjung ke Ciwidey. Karna ada beberapa spot wisata lagi yang bisa anda kunjungi sekaligus di hari yang sama.

Jadi bila anda ingin berwisata sehari penuh dan bila masih mempunyai waktu luang. Maka bisa menuju kawasan wisata Danau Situ Patenggang dan wahana bermain kolam Air Hangat Ciwalini. Serta bila kearah turun kembali menuju Soreang, maka anda bisa menjumpai Tempat Wisata Edukasi sebuah Pabrik Teh.

http://transportasiwisata.blogspot.co.id/

http://transportasiwisata.blogspot.co.id/

http://transportasiwisata.blogspot.co.id/

http://transportasiwisata.blogspot.co.id/
Semoga informasi ini bisa sedikit menambah reverensi objek wisata di Indonesia. Terutama bagi Anda sebagai pecinta wisata, bisa memanfaat kan berlibur bersama keluarga diakhir pekan. Serta sebagai kebutuhan sumber informasi wisata yang lainnya, di sebuah Blog Tentang Pariwisata.
Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.